Pentingnya Mengumpulkan Nilai KUM untuk Arsitek

Jujur saat pertama kali tahu tentang nilai KUM adalah ketika melihat pengumuman Sayembara Arsitektur, saat itu dalam penghargaan untuk para pemenang ada tambahan Nilai KUM.

Karena Penasaran langsung saja saya cari tahu apa itu Nilai KUM arsitek. Setelah membaca tentang Pedoman Penetapan Nilai KUM di Website IAI, akhirnya saya paham tentang Nilai KUM Arsitek.

Intinya, Nilai KUM Arsitek adalah nilai yang akan didapatkan oleh seorang arsitek yang sudah mempunyai Sertifikat Keahlian, nilai tersebut akan menunjukan bahwa dirinya telah aktif dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh IAI.

Nilai KUM juga akan digunakan bagi seorang arsitek yang akan memperpanjang Sertifikat Keahliannya. Ada batas minimal Nilai yang harus dipenuhi untuk bisa memperpanjang Sertifikat Keahlian Arsitektur.

Pedoman Penetapan Nilai KUM

Secara kumulatif dalam waktu 1 tahun seorang arsitek profesional perlu mengumpulkan 35 NK, atau 105 NK dalam 3 tahun. Jumlah ini harus dapat dikumpulkan melalui kegiatan yang mencakup ketiga kategori yaitu penyerapan, pengolahan dan pendayagunaan. 

Dengan kata lain jumlah Nilai KUM yang disyaratkan tidak boleh hanya dikumpulkan melalui kegiatan pada 1 (satu) kategori tertentu saja.

Setiap 1 jam kegiatan efektif pengembangan keprofesian dihargai dengan Nilai KUM sebesar 1. Selanjutnya nilai ini masih harus dihitung lagi dengan indeks kategori dan indeks tipe.
  • Kategori 1 penyerapan : indeks = 1
  • Kategori 2 pengolahan : indeks = 1,5
  • Kategori 3 pendayagunaan : indeks = 2

Untuk saat ini ditetapkan beberapa besaran kemudahan memperoleh Nilai KUM yang diprioritaskan untuk mengangkat animo pada kegiatan yang diselenggarakan oleh IAI, berupa penambahan nilai sebagai berikut :
  • 12 Nilai, sebagai pemenang sayembara IAI (utama s/d honorable mention)
  • 8 Nilai, sebagai peserta Munas/Musda IAI, rapat anggota non Musda IAI dan peserta sayembara IAI
  • 6 Nilai, sebagai juri sayembara IAI dan pembicara program-program IAI

Selengkapnya Tentang Kegiatan apa saja yang bisa mendapatkan nilai KUM, serta bagaimana perhitungan Nilai KUM, dapat anda lihat melalui Pedoman Penetapan Nilai KUM di Website IAI 
Itulah penjelasan tentang Nilai KUM Arsitek, Semoga Bermafaat.

Baca Juga

Comment Policy:
Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini, dengan cara Klik Buka Komentar.
Buka Komentar

NEWSLETTER SIGNUP