Tipe Kamera CCTV, Fungsi, Dan Kegunaannya Pada Sebuah Bangunan

Saat seorang arsitek merencanakan sebuah bangunan, tentu harus memperhatikan dari sisi keamanannya, dalam sistem keamanan bangunan ada yang namanya CCTV atau kamera pengawas yang digunakan untuk memantau kondisi atau keadaan dari berbagai sudut bangunan.

Agar supaya anda semakin mengerti dengan CCTV, kami akan bagaikan informasi mengenai berbagai macam jenis kamera CCTV, serta keunggulan dari setiap jenis kamera tersebut.

Dome Camera

Pertama ada Dome Camera, kamera yang satu ini merupakan pilihan pengawasan keamanan yang paling populer karena desain yang modis, mudah di instal di mana saja serta mudah berbaur dengan lingkungan sekitarnya.
Gambar Doom Camera
Ada tiga jenis Camera CCTV Dome, yang diantaranya adalah sebagai berikut
1. Dome Camera Indoor 
Dome Kamera Indoor umumnya hanya digunakan dalam ruangan tertutup saja, karena tidak tahan terhadap cuaca.

2. Kamera CCTV Dome Inframerah 
Jenis kamera CCTV inframerah memiliki kemampuan untuk menangkap gambar video dalam kondisi cahaya minim, hingga pada kondisi Lux = 0 atautidak ada cahaya sama sekali. Tipe kamera inframerah disebut juga sebagai kamera IR (Infrared) atau “Night Vision Camera“. Dome Kamera inframerah memiliki LED IR yang ditempatkan di bagian luar lensa sehingga memberikan kamera kemampuan melihat di malam hari. Kamera inframerah memungkinkan untuk menangkap video dalam kegelapan dengan menggunakan cahaya inframerah untuk mengganti cahaya tampak.

3. Kamera CCTV Dome Pan Tilt 
Kamera pan tilt tipe dome adalah jenis kamera CCTV yang mampu menyediakan gambar resolusi tinggi dengan teknologi keamanan terbaru yang ideal untuk aplikasi apapun. Kamera Pan Tilt Zoom (PTZ) populer karena kemampuannya menggerakan arah lensa kamera ke mana saja. Dengan perangkat tambahan seperti joystick akan memudahkan kontrol kamera. Arti Pan Tilt Zoom adalah lensa kamera mampu digerakkan secara horisontal (pan), vertikal (tilt), serta fokus lensa dapat diubah menjadi lebih dekat atau menjauh (zoom).

IP Camera

IP camera adalah jenis kamera video digital yang biasa digunakan untuk pemantauan keamanan dan dapat mengirim dan menerima data melalui jaringan komputer dan internet. Walaupun webcam juga dapat melakukan hal ini namun istilah ”IP Camera” atau “Network Kamera” biasanya hanya digunakan untuk sistem pengawasan keamanan. IP Kamera pertama digunakan pertama kali pada tahun 1996.
Gambar IP Camera
Macam-Macam IP Camera
1. IP camera terpusat.
Jenis IP Camera ini memerlukan pusat Network Video Recorder (NVR) untuk merekam video dan manajemen alarm.

2. IP camera desentralisasi. 
Jenis IP kamera CCTV ini tidak memerlukan pusat NVR karena kamera telah memiliki fungsi perekam built-in sehingga dapat merekam langsung ke media penyimpanan seperti SD card, NAS (Network Attached Atorage), komputer atau server.

Weatherproof Camera

Kamera CCTV weatherproof dirancang untuk mencegah masuknya air dari hujan, salju, dan kabut serta partikel kecil lain seperti kotoran dan debu yang dapat merusak internal komponen kamera.
Gambar Weatherproof Camera
CCTV kamera weatherproof (tahan cuaca) didesain khusus untuk mencegah masuknya air hujan serta partikel kecil seperti debu yang dapat merusak komponen kamera internal. Bentuk CCTV kamera weatherproof tersedia dalam bentuk box, dome, dan peluru. Untuk lokasi dengan kondisi ekstrim bahkan dilengkapi fitur pemanas built-in yang dirancang agar dapat beroperasi dalam kondisi musim dingin yang membeku.

Desain CCTV Kamera weatherproof dirancang untuk menahan kondisi cuaca ekstrim dan mampu memberikan pemantauan keamanan yang handal pada kondisi apapun. Kamera tahan cuaca ini umum digunakan pada terminal bis, stasiun kereta api, bandar, gudang, pelabuhan, kampus, sekolah, tempat parkir serta untuk pemantauan lalu lintas jalan raya.

Speed Dome Camera

Tipe speed dome camera adalah jenis kamera CCTV dengan kemampuan PTZ (pan, tilt, zoom) sehingga dapat berputar horizontal 360 derajat, vertikal 90 derajat dan membalik 180 derajat. Teknologi yang berfokus pada kecepatan membuat pengambilan gambar obyek menjadi lebih mudah.
Gambar Speed Dome Camera
Kamera CCTV Speed Dome adalah kamera CCTV berteknologi tinggi untuk sistem pengawasan keamanan yang optimal. Tipe CCTV ini akan meningkatkan sistem keamanan menjadi lebih handal karena kamera CCTV dapat berputar nyaris tanpa suara dan menangkap gambar beresolusi tinggi. CCTV terbaru ini memiliki fungsi Pan Tilt Zoom (PTZ), decoder dan inframerah yang kompak dalam ukuran namun tetap menarik dalam penampilan. Kamera CCTV speed dome dapat digerakkan secara horizontal 360 derajat, vertikal 90 derajat dan berputar membalik 180 derajat di bagian bawah.

Itulah informasi tentang berbagai macam jenis dan tipe kamera CCTV, informasi ini dapat digunakan oleh arsitek untuk menentukan jenis CCTV yang tepat untuk setiap situasi dan kondisi pada sebuah bangunan, semoga bermanfaat.

Baca Juga

Comment Policy:
Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini, dengan cara Klik Buka Komentar.
Buka Komentar

NEWSLETTER SIGNUP