Uji Beban Pada Jembatan Kaca Seruni Point Oleh Kementerian PUPR

Berita pembangunan di Indonesia, kali ini ada berita terbaru dari Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Bromo-Tengger-Semeru, Jawa Timur. 

Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan Jembatan Gantung Kaca Seruni Point di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Bromo-Tengger-Semeru, Jawa Timur.

Jembatan ini telah diuji performa struktur dan keamanannya melalui uji beban (loading test), lho. Uji ini bertujuan untuk memberikan jaminan keamanan dan keselamatan bagi wisatawan saat jembatan dioperasikan nanti.

Uji Beban dilakaukan dengan menggunakan beberapa instrumen untuk mendapatkan data performa struktur dan kawat-kawat baja pada jembatan.

Salah satu instrumen yang digunakan yaitu Total Station (TS) untuk mengukur displacement atau pergeseran titik ukur saat jembatan dilewati beban manusia.

Loading test jembatan kaca dilakukan menggunakan karung berisi pasir seberat 70 kg atau yang setara berat satu orang dewasa. Karung-karung tersebut diletakkan di lantai jembaran dengan jarak masing-masing 75 cm dengan total berat 7 ton atau setara dengan 100 orang. Berat tersebut hanya 10% dari desain daya tahan jembatan.

Siklus uji coba beban ini dilakukan dengan berat beban 0%, 50%, dan 100%. 
Selanjutnya pengujian kembali dilakukan dengan berat beban 50% dan 0% 

Selain uji beban, kekuatan kaca yang digunakan telah diuji di Laboratorium Balai Geoteknik Terowongan dan Struktur Kementerian PUPR

Dokumentasi Foto

Berikut ini adalah Dokumentasi Foto terbaru dari Jembatan Gantung Kaca Seruni Point oleh Kementerian PUPR
Foto 1
Dokumen PUPR
Foto 2
Dokumen PUPR
Foto 3
Dokumen PUPR
Foto 4
Dokumen PUPR
Foto 5
Dokumen PUPR

Baca Juga