Studi Kasus Membran Struktur Pada Bangunan Tokyo Dome PDF

Membran Struktur Pada Tokyo Dome  - Dalam kategori File Arsitek ini, kami akan membagikan File dan Dokumen yang dibutuhkan oleh Arsitek, file yang kami bagikan dapat meliputi, Aturan, Tutorial, Daftar Harga, Materi Arsitek, dan sebagainya.

File pada artikel ini adalah Studi Kasus Membran Struktur Pada Bangunan Tokyo Dome yang bisa anda download via Google Drive melalui link yang kami sediakan.

TOKYO DOME – STADION BASE BALL BERATAP  PERTAMA di JEPANG 

Tokyo Dome merupakan jawaban atas harapan agar  tetap dapat  menonton pertandingan base ball,  meskipun dalam keadaan hujan. Takenaka corporation berperan penting untuk merealisasikan “ The big egg “ sebagai bangunan bentang lebar struktur membran yang pertama kali dibangun di Jepang. 

Terobosan teknologi sangat diperlukan untuk mensukseskan proyek ini. Teknologi tersebut meliputi system struktur, material-material baru, pencegahan gempa,  perlawanan terhadap beban angin, penghawaan buatan, pencahayaan, akustik, salju yang mencair dan  pemeliharan. Terdapat dua tipe struktur membran yaitu 
  1. air-support type : membran dibuat membengkak ( menggelembung ) dengan meningkatkan tekanan udara di dalam ruangan ( indoor ) lebih 0,3 % terhadap tekanan udara di luar  ruang. 
  2. Suspension membrane type : dimana penguatan/penegangan dimasukan ke dalam membran, yang prinsipnya menyerupai payung.

Keistimewaan 

  1. Ruang terbuka tanpa kolom  memiliki   aplikasinya terhadap  ruang latihan yang luas,  termasuk fasilitas-fasilseperti stadion olah raga dan  senam 
  2. Struktur membran yang diaplikasikan pada “ Tokyo Dome “ terbukti mengurangi biaya dari struktur atap bentandikatakan dua kali lipat proporsi bangunan berbentang sejenis 
  3. Struktur membran ini memiliki keuntungan ekonomis karena pencahayaan buatan  tidak diperlukan di siang hari.

Keterangan File

Studi Kasus Membran Struktur Pada Bangunan Tokyo Dome
Tugas Kuliah Arsitektur
  • Format : PDF
  • Halaman : 21
  • Ukuran File : 2.02 MB
  • Disusun oleh : Gita Nur Istiqomah
  • Dosen Pengajar : Ir. R. Prijadi

Download File Arsitek

Silahkan klik link di bawah ini untuk mendownload File Arsitek yang kami bagikan via Google Drive, Password file ada di halaman Donasi.

Download File


Catatan

  • Pergunakanlah File yang kami bagikan dengan bijak
  • Anda dapat menggunakan file ini untuk membantu belajar Arsitektur
  • File yang kami bagikan sudah dicek dan siap untuk digunakan
  • File Arsitek yang kami share merupakan dokumen pribadi, atau kami dapatkan dari Internet

Itulah File Studi Kasus Membran Struktur Pada Bangunan Tokyo Domeyang dapat kami bagikan. Semoga dapat membantu anda dalam belajar atau mengerjakan Project Arsitektur.

Apabila link eror atau file tidak bisa digunakan, silahkan laporkan dengan cara menulis komentar pada artikel ini. Terimakasih.