Pendekatan Desain Tropis Pada Perpustakaan Terapung di Danau Mawang

Pendekatan Desain Tropis Perpustakaan - Bagi Mahasiswa Arsitektur tentu membutuhkan Referensi saat mengerjakan Tugas Studio Perancangan. Pada artikel ini akan kami bagikan contoh Tugas Mahasiswa Arsitektur, agar hasil desain yang kamu buat menjadi lebih baik

Tugas Mahasiswa Arsitektur yang akan kami bagikan adalah Pendekatan Desain Tropis Pada Perpustakaan Terapung di Danau Mawang, yang bisa kamu jadikan referensi.

Perpustakaan

Perpustakaan mencakup suatu ruangan, bagian dari gedung/bangunan, atau gedung tersendiri, yang berisi buku-buku koleksi, yang disusun dan diatur sedemikian rupa, sehingga mudah untuk dicari dan dipergunakan.

Arsitektur Tropis

Salah satu cabang dalam ilmu arsitektur yang mempelajari tentang bangunan atau kelompok bangunan yang berorientasi pada kondisi iklim dan cuaca lingkungan tropis, serta dampak dan pengaruhnya terhadap lokasi dan tapak adalah Arsitektur tropis (Putra dan Udjianto, 2014).

Perpustakaan Terapung

Perpustakaan terapung dapat dikatakan sebagai suatu gedung atau bangunan perpustakaan yang berada atau berdiri di atas air tempat penyimpanan koleksi bahan pustaka sebagai sumber informasi.

Diharapakan manfaat dan keberadaannya menjadi sangat penting dalam menghadapi era 4.0, sebagai tempat penyimpanan pengetahuan tertulis (explicit knowledge repository) dan tempat memperoleh ilmu dan informasi, serta juga dapat mendorong terciptanya kolaborasi berbagi ilmu pengetahuan, ataupun interaksi antar pengguna, sekaligus menjadi sarana rekreasi pengetahuan, juga diharapkan dapat menjadi sarana untuk meningkatkan dan menumbuhkembangkan minat baca masyarakat.

Tugas Perancangan Arsitektur

Pendekatan Desain Tropis 
Pada Perpustakaan Terapung di Danau Mawang
  • Dibuat Oleh : Julianto Widayat
  • Dosen Pembimbing : 
    1. Dr. Ir. Muhammad Syarif, St., MT., MM., IPM.
    2. Andi Yusri, ST., MT.
  • Program Studi Arsitektur 
  • Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Makassar
Konsep Dasar
Skripsi Tugas Akhir
Pemilihan Lokasi
Skripsi Tugas Akhir
Analisis Tapak
Skripsi Tugas Akhir
Analisis Tema Perancangan
Skripsi Tugas Akhir
Analisis Program Ruang
Skripsi Tugas Akhir
Analisis Zona Ruang
Skripsi Tugas Akhir
Analisis Sistem Struktur dan Utilitas
Skripsi Tugas Akhir
Analisis Struktur Material
Skripsi Tugas Akhir
Itulah Tugas Mahasiswa Jurusan Arsitektur, Pendekatan Desain Tropis Pada Perpustakaan Terapung di Danau Mawang yang dapat kamu jadikan referensi. Semoga bermanfaat.

Baca Juga