Tips Menjadi Arsitek Handal dan Website Belajar Arsitektur Indonesia

Ada banyak website belajar arsitek yang bisa membantu memperdalam ilmu / wawasan selain dari bangku kuliah. Arsitektur sendiri menjadi salah satu jurusan yang cukup sulit dikuasai namun profesi arsitek menjadi salah satu yang diidam-idamkan banyak orang karena menjanjikan masa depan yang cemerlang. 

Namun sebelum itu, para mahasiswa di jurusan ini perlu belajar keras bahkan menghabiskan 22 jam/minggu, memiliki imajinasi dan kreatifitas tingkat tinggi, serta tekun dalam mempelajari struktur bangunan dan cara paling efisien membuat desain bangunan agar sesuai yang diinginkan oleh klien. 

Tips Menjadi Arsitek Handal dan Profesional

Agar bisa mendapat gelar sebagai seorang arsitek sudah termasuk tidak mudah, apalagi dengan tambahan handal dan profesional. Selain perlu menempuh pendidikan formal di bangku kuliah, ada juga nih sejumlah cara lain yang dapat mendukung Anda agar bisa menjadi arsitek sukses di masa depan. Berikut tipsnya:

1. Kursus Matematika

Sebagian masyarakat umum mungkin menganggap bahwa menjadi arsitek harus pandai menggambar, padahal skill ini hanya merupakan salah satu yang dibutuhkan dalam dunia arsitek lho. Masih ada banyak kemampuan lain yang harus dikuasai dan salah satunya adalah perhitungan matematika. 

Menjadi seorang arsitek berarti harus menguasai geometri, aljabar, dan trigonometri agar nantinya dapat membuat rancangan bangunan atau ruang dengan tepat. Tidak heran jika berbagai kampus yang memiliki jurusan arsitektur akan memberikan syarat berupa nilai matematika yang tinggi kepada para pendaftar. 

Jika merasa kurang menguasai ilmu matematika namun berkeinginan kuat untuk mendaftar di jurusan arsitek, maka solusi terbaik adalah mengambil kursus arsitektur tambahan. 

Jika ingin melanjutkan kuliah arsitek di luar negeri, maka pilihlah kursus matematika dalam bahasa Inggris agar nantinya lebih terbiasa dengan sejumlah istilah dan soal matematika dalam bahasa asing.

2. Kursus Desain dan Seni Rupa

Selain ilmu matematika, arsitektur juga membutuhkan ilmu desain, eksakta, dan seni. Karena itu, sangat penting nih untuk mengambil les tambahan di bidang desain dan seni rupa sebelum atau setelah masuk kuliah agar kemampuan dasar dan lanjutan menggambar bisa lebih terasah. 

Ketika sudah bersusah payah kursus arsitektur online / offline dan ternyata tidak diterima di jurusan arsitektur misal, maka nantinya bisa mengambil jurusan lain lho. 

Jadi dijamin bahwa mengambil kursus desain dan seni rupa tidak akan sia-sia. Tanpa melanjutkan kuliah pun, kursus ini bahkan sudah menawarkan Anda banyak pilihan profesi.

3. Kursus CAD

Setiap mahasiswa di jurusan arsitektur dituntut untuk dapat membuat gambar arsitektur dengan tepat dan jelas agar nantinya gambar rancangan bisa dibaca oleh kontraktor di lapangan dengan lebih mudah dan proyek pembangunan bisa berjalan lancar sesuai rencana yang ada. 

Proses menggambar ini pun dapat dengan mudah dilakukan dengan bantuan software CAD. Nah, karena beban kuliah di jurusan arsitektur sudah cukup berat, maka sebaiknya Anda sudah menguasai software CAD sebelum mendaftar kuliah. 

Selain itu, lowongan di bidang arsitek saat ini sudah banyak lho yang mencantumkan penguasaan CAD sebagai salah satu persyaratan bagi para pelamar.

4. Baca Banyak Buku, Situs, dan Majalah Arsitektur

Selain mengambil sejumlah kursus seperti di atas, perkanalan dengan dunia arsitektur juga bisa lebih mudah jika rajin membaca majalah, buku, atau website belajar arsitek. Hal ini akan sangat membantu dalam memperkaya istilah yang sering digunakan di bidang arsitektur lho. 

Jangan lupa juga untuk memfollow hastag di media sosial yang relevan dengan arsitektur agar selalu update dengan karya arsitektur di berbagai daerah termasuk luar negeri.

5. Kunjungi Objek Arsitektur

Agar pengalaman arsitektur semakin banyak, salah satu cara yang tepat adalah melihat berbagai objek arsitektur dan hal ini bisa dimulai dari sejumlah bangunan yang ada di sekitar tempat tinggal, jadi tidak harus ke bangunan-bangunan besar dengan desain unik tapi bisa dari bangunan biasa yang ada di sekitar. 

Catat berbagai hal terkait arsitektur yang ada pada bangunan tersebut dan nantinya catatan ini bisa membantu dalam merancang objek yang serupa. Jika ingin melihat objek arsitektur dari negara berbeda, maka bisa menggunakan Google Maps atau Earth.

6. Belajar Manajemen Waktu

Jangan salah, mempelajari manajemen waktu sangat penting lho bagi para mahasiswa jurusan arsitek karena hal ini dapat melatih diri agar nantinya ketika sudah benar-benar menjadi arsitek bisa mengatur waktu pengerjaan proyek dan berbagai tugas lain dengan baik. 

Selain itu, beratnya beban kuliah di jurusan arsitektur memang menuntut para mahasiswanya agar dapat mengatur waktu dengan baik sehingga tugas-tugas yang ada dapat diselesaikan tanpa meleset dari deadline. 

Selain waktu, Anda juga harus bisa mengatur prioritas ya, sehingga nantinya perjalanan kuliah tidak diganggu dengan sejumlah hal yang sebenarnya berprioritas rendah. Hal ini sangat membantu lho agar Anda dapat lulus tepat waktu dan semakin dekat dengan profesi arsitek yang sesungguhnya. 

Pastikan juga untuk terbiasa dengan berbagai tugas kelompok ya, karena berkarir di bidang arsitek menuntut kerja tim yang solid.

Rekomendasi Website Belajar Arsitek Indonesia

Pada poin keempat di atas disebutkan bahwa ilmu di bidang arsitektur dapat diperkaya dengan salah satunya mengunjungi situs-situs online seputar arsitektur. Salah satu situs web yang tepat untuk belajar arsitek adalah www.arsimedia.com

Arsimedia merupakan salah satu website belajar arsitek yang dibuat khusus untuk para calon arsitek yang ingin memperbanyak pengetahuan seputar arsitek secara mudah yaitu online.  

Situs web ini bisa diakses secara gratis 100% dan menyajikan banyak sekali informasi infrastruktur dan pembangunan di Indonesia serta menyajikan berbagai referensi desain arsitektur termasuk yang paling baru dan modern. 

Ada banyak juga artikel bermanfaat yang dijamin dapat menambah wawasan seputar arsitektur yang didapat dari analisa, pengamatan, dan bahkan pengalaman dari para penulis di website ini. Berikut adalah beberapa contoh artikel menarik dan informatif yang bisa ditemukan dalam situs ini:
  • Cara menggambar arsitektur untuk pemula.
  • Contoh rencana tata ruangan Kota Bandung tahun 2011-2031.
  • Desain rumah 3D terbaru dengan konsep minimalis 2 lantai
  • Desain rumah klasik.
  • Sistem perlindungan kebakaran pada gedung.
  • Detail kusen jendela dan pintu aluminium.
  • Desain perumahan.
  • Contoh desain wardrobe 3D minimalis.
  • Contoh desain rumah kecil pada lahan sempit namun tetap kece.
  • Contoh gambar kantor 3 lantai berdesain minimalis.
  • Gambar masjid 3D 2 lantai bergaya bangunan modern.
  • Modul perancangan tapak untuk mahasiswa arsitek dan link downloadnya.
  • Desain rumah urban dengan konsep lengkung (bingken).
  • Contoh gambar interior ruangan modern berbentuk 3D.
  • Download panduan perencanaan gedung kantor desa.
  • Desain Perumahan Bumi Abhipraya yang mengusung konsep "The Field of Hope".
  • Contoh desain rumah kost 2 lantai yang memiliki inner garden.
  • Desain toko modern dengan konsep fasad folded.
Ada banyak hal yang perlu dipelajari dan dikuasai agar dapat menjadi arsitek handal di masa depan nanti, mulai dari mengikuti berbagai kursus hingga mengunjungi objek arsitektur dan banyak membaca buku, majalah, serta website belajar arsitek seperti salah satunya www.arsimedia.com.