9 Hal Penting Sebelum Membeli Rumah Agar Tidak Menyesal

Ada beberapa hal penting sebelum membeli rumah yang wajib diketahui oleh setiap orang nih. Sudah menabung sekian lama untuk membeli rumah impian? Pastikan bahwa mimpi indah ini tidak berantakan hanya karena salah memilih rumah ya. 

Membeli rumah itu tidak boleh asal, karena nantinya inilah bangunan yang akan ditempati selama bertahun-tahun ke depan bahkan mungkin seumur hidup. Artinya, rumah tersebut haruslah nyaman dan juga aman. Dua hal ini bisa didapat dengan memperhatikan sejumlah hal seperti dalam daftar di bawah ini.

Daftar Hal Penting Sebelum Membeli Rumah yang Wajib Diketahui

1. Pahami Kebutuhan Anda

Kebutuhan Rumah
Sebelum hunting rumah, pertama buat dulu daftar kebutuhan Anda atau Anda dan keluarga yang akan menempati rumah tersebut, misalnya jumlah kamar, ukuran halaman, apakah membutuhkan garasi mobil atau tidak, rumah lantai satu atau dua, adakah rencana renovasi di masa depan, dan sebagainya. 

Jika rumah tersebut ditempati oleh banyak orang, maka jawaban dari sejumlah pertanyaan di atas perlu dirundingkan dengan anggota keluarga yang lain. Nah, selanjutnya jawaban-jawaban dari pertanyaan tersebut akan dijadikan acuan untuk mencari dan menyortir rumah-rumah yang kira-kira bisa dibeli.

2. Cari Sendiri atau Lewat Agen

Jika tidak ingin bersusah payah mencari, maka jasa agen properti bisa dimanfaatkan nih. Cara ini dinilai lebih mudah dan praktis namun tentunya ada harga jasa yang harus dikeluarkan ya. 

Jika anggarna membeli rumah terbatas dan tidak ada sisa dana untuk menggunakan jasa agen misal, maka mencari rumah sendiri adalah satu-satunya pilihan. 

Tapi jangan khawatir, saat ini sudah ada banyak sekali situs properti yang bisa diakses secara gratis dan mudah untuk mencari rumah di berbagai daerah di Indonesia. 

Lewat situs-situs ini, nantinya Anda bisa membandingkan harga, menanyakan detail kepada pemilik rumah lewat informasi kontak yang tersedia, dan jenis rumahnya sendiri dijamin sangat beragam mulai dari hunian sederhana hingga super mewah. 

Tapi jika memilih opsi kedua maka Anda harus menyediakan cukup banyak waktu ya, karena tentunya melakukan pencarian sendiri tidak akan mudah.

3. Lokasi Rumah

Pilih Lokasi Rumah
Lokasi dari rumah yang akan dibeli sangat penting nih untuk diperhatikan. Hal ini biasanya erat hubungannya dengan harga dan akses rumah. Jika ingin akses yang mudah dan cepat dari dan kemana saja (stasiun, pangkalan ojek, mall, dsb.) maka memilih rumah di pusat kota adalah pilihan paling ideal. 

Tapi ingat, harganya bisa sangat mahal lho, apalagi jika berada di kota-kota besar seperti Jakarta, Jogja, Surabaya, dan sebagainya. 

Jika lebih mengutamakan harga ramah anggaran dan tidak begitu masalah jika akan lebih menyita banyak waktu untuk pergi ke sejumlah tempat, maka rumah di area pinggir kota bisa dijadikan pilihan. Jika ingin yang lebih murah lagi, maka bisa memilih rumah di lokasi perkampungan. 

4. Pastikan Keamanannya 

Masih terkait dengan lokasi rumah nih, baik di pusat kota atau pun perkampungan, pastikan bahwa rumah yang akan dibeli bukan berada di daerah rawan banjir, gempa, atau jenis bencana alam lain bahkan meskipun harga yang ditawarkan sangat murah atau desainnya sangat Anda dan keluarga sukai.

Lebih baik menabung sedikit lagi untuk mendapat rumah di lokasi yang aman dan nyaman daripada membeli rumah super murah namun bertahun-tahun ke depan sering langganan bencana alam karena nantinya kerugian yang didapat akan jauh lebih banyak, tidak hanya materi tapi juga keselamatan jiwa.

5. Perhatikan Lingkungan Sekitar 

Lingkungan Rumah
Rumah yang sepertinya sudah cocok secara desain, lokasi, harga, dan bahkan keamanan jangan langsung dibeli. Ada hal penting lain nih yang perlu diperhatikan sebelum membeli rumah, yaitu lingkungan di sekitar rumah tersebut. 

Bahkan meskipun Anda dan keluarga bukan termasuk orang yang aktif bersosialisasi dengan tetangga namun kondisi di sekitar akan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan di dalam rumah lho. 

Sebagai contoh, lingkungan dari rumah yang akan dibeli rupanya sering terjadi pencurian, maling, perampokan, begal, tawuran, atau hal-hal buruk jenis lainnya.

6. Fasilitas di Sekitar 

Hal penting sebelum membeli rumah di urutan keenam adalah fasilitas publik yang ada di sekitar rumah, seperti mesin ATM, rumah sakit, mini/supermarket, restoran atau jenis tempat makan lain, mall, bioskop, jalan tol, tempat ibadah, terminal, stasiun, area hijau / taman, sekolah atau kampus, dan sebagainya.

Rumah yang dekat dengan sejumlah fasilitas di atas tentu akan sangat menguntungkan untuk Anda dan keluarga terutama ketika ada di keadaan yang darurat seperti harus ke rumah sakit. 

Jika Anda hobi belanja pakaian, maka pertimbangkan untuk memilih rumah yang dekat dengan mall. Sedangkan untuk Anda yang lebih rutin makan di luar atau suka nongkrong maka bisa memilih rumah yang dekat dengan deretan restoran atau café.

7. Harga yang Sepadan

Sesuaikan Harga Rumah
Sebelum memilih-milih rumah, sebagian besar orang biasanya sudah memiliki patokan harga alias anggaran. Terkait dengan harga, pastikan bahwa jumlah uang yang akan dikeluarkan memang sudah sepadan dengan apa yang akan didapat. 

Jadi dengan harga yang sudah ditentukan, kondisi dari rumah, lokasi, fasilitas di sekitar dan sejumlah hal lain di atas tadi harus imbang, sehingga Anda tidak akan dirugikan. 

Jika tabungan yang dimiliki mungkin belum bisa untuk membeli rumah secara cash, maka sistem KPR bisa dipertimbangkan. Namun jika memilih opsi ini, nantinya harga total dari rumah akan menjadi lebih mahal daripada membeli secara tunai.

Pertimbangkan dengan matang dan putuskan dengan bijak bahkan jika perlu diskusikan dengan pasangan atau keluarga terkait dengan hal ini karena keputusan yang diambil akan menentukan kondisi finansial dan kenyamanan hidup Anda kedepannya, jadi jangan gegabah dalam mengambil keputusan.

8. Cari Tahu Mengenai Material Bangunan

Rumah akan menjadi tempat tinggal dalam jangka waktu lama sehingga kekokohan dan ketahanannya sangat dibutuhkan. Pastikan untuk menanyakan kepada pemilik rumah atau developer mengenai jenis material yang digunakan pada rumah tersebut secara detail. 

Sebagai contoh, rumah dengan dinding batu bata merah akan lebih kokoh jika dibanding dengan dinding batako. Rangka rumah berbahan baja dinilai lebih bagus daripada rangka kayu. Lalu lantai yang menggunakan pelat beton akan jauh lebih tahan lama dibanding dengan lantai semen atau keramik biasa.

9. Potensi Perubahan di Masa Depan

Potensi Perubahan Rumah
Jangan lupa bahwa rumah merupakan investasi jangka panjang, jadi hal penting sebelum membeli rumah yang juga perlu diperhatikan adalah potensi perubahan di masa depan. Bayangkan kira-kira akan seperti apa rumah tersebut dalam 5 tahun atau beberapa tahun ke depan. 

Misalnya, ketika nantinya sudah memiliki anak misalnya 2-3, apakah Anda akan menambah kamar atau menjual rumah dan membeli yang baru? Lalu apakah rumah satu lantai yang akan dibeli saat ini ada rencana untuk menambah lantai kedua atau tetap seperti ini selamanya?

Ada banyak hal penting sebelum membeli rumah yang perlu dipertimbangkan agar kehidupan bertahun-tahun ke depan atau bahkan seumur hidup bisa nyaman dan tidak bermasalah. Luangkan waktu, pikiran, tenaga, dan jika perlu mintalah pertimbangan atau arahan dari orang terpercaya yang berpengalaman.