5 Cara Mendapatkan Proyek Arsitek Online

Lulus dari jurusan arsitektur termasuk tidak sulit untuk mendapat pekerjaan karena ada banyak perusahaan besar yang setiap tahun membuka lowongan. Namun tidak sedikit juga nih yang lebih tertarik untuk bekerja dari rumah atau studio sendiri. Lantas bagaimana cara mendapatkan proyek arsitek online bagi pemula?

Bekerja dengan sebuah perusahaan memang menawarkan sejumlah keuntungan mulai dari gaji tetap setiap bulan, proyek yang selalu ada, berbagai tunjangan disediakan, dan banyak lagi. Namun jika ingin mendapat keuntungan yang lebih maksimal di setiap proyek, membuka jasa arsitek sendiri adalah pilihan.

Bagaimana Cara Mendapatkan Proyek Arsitek Online
Terutama bagi para pemula atau fresh graduate tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan ya agar bisa mendapat proyek. Tapi jangan terlalu berkecil hati juga ya. Perkembangan teknologi sangat bisa dimanfaatkan untuk mendapat proyek dengan lebih mudah yakni secara online. Cara-caranya adalah:

1. Instagram Portofolio Online

Portofolio Desain di Instagram
Instagram menjadi salah satu media sosial paling populer di seluruh dunia termasuk Indonesia. Menurut data per Januari 2022, jumlah pengguna aktif di Instagram sudah mencapai sekitar 99,1 juta orang lho. 
Tidak heran jika akhirnya Instagram banyak digunakan untuk mengembangkan bisnis bahkan menjadi media promosi online mulai dari bisnis kecil hingga perusahaan besar. 

Nah, Instagram juga bisa dimanfaatkan nih untuk membuat portofolio online dari jasa arsitek yang Anda tawarkan sekaligus sebagai salah satu cara mendapatkan proyek arsitek online. Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan:

- Buat Bio Seperti Cover Letter

Bagian bio pada akun Instagram biasanya akan menjadi yang pertama dilihat oleh para audiens termasuk calon klien. Jadi, bio harus dibuat menarik dan jelas layaknya cover letter. 

Pada bagian bio akun Instagram bisnis, ada beberapa hal penting yang wajib ada yaitu nama lengkap atau nama bisnis, lokasi bisnis, cantumkan link jika memang ada platform lain yang dimiliki misal situs web, dan satu atau dua hal lain terkait bisnis. 

Emoticon bisa ditambahkan ke bagian bio agar tampilannya lebih kece tapi jangan berlebihan ya, agar akun Instagram bisnis tetap terlihat profesional namun friendly.

- Jadikan Feed Sebagai Portofolio

Jadikan feed di Instagram seperti ruang untuk portofolio dengan mengisinya dengan konten-konten yang menarik terkait dengan jasa dan bidang jasa yang ditawarkan dalam tampilan yang rapi dan terkesan profesional. 

Misalnya konten yang dipilih adalah gambar / foto, maka gunakan filter dan tema yang sama agar feed tampak seragam, misalnya black and white. Pastikan juga bahwa foto yang diupload berkualitas tinggi agar tidak buram ya.

- Gunakan Instagram Story

Selain memaparkan karya-karya dari jasa arsitek Anda kepada followers, Anda juga bisa nih memperlihatkan seperti apa proses dari pembuatan karya-karya tersebut. 

Jangan salah, membagikan proses dari produk atau karya sebuah bisnis kepada follower termasuk salah satu cara ampuh untuk menarik perhatian mereka lho. Selain itu, akun Instagram juga tampak lebih interaktif.

2. Gunakan Hashtag 

Cara mendapatkan proyek arsitek online dengan mudah adalah menambahkan hastag. Cara ini sangat ampuh untuk membuat sebuah konten dilihat lebih banyak orang dan nantinya bisa menarik lebih banyak target pasar.

Jadi jika Anda sudah menerapkan sejumlah cara di atas tadi, sekarang maksimalkan hasilnya dengan menambahkan hastag yang relevan dan sedang trend agar lebih banyak pengguna Instagram yang berkunjung ke akun Anda pada setiap konten yang Anda posting. 

3. Optimasi Akun Media Sosial

Selain Instagram, Anda juga bisa lho menggunakan berbagai media sosial lain misalnya Facebook, Twitter, atau bahkan TikTok yang saat ini sedang sangat hits. 

Apapun jenis media sosial yang digunakan, pastikan untuk mengoptimasinya agar hasil dari promosi bisnis menjadi lebih optimal. Lantas bagaimana caranya? Cek daftar berikut:

- Riset Kata Kunci

Salah satu komponen paling utama dari optimasi media sosial adalah riset kata kunci. Jika sudah melakukan riset ini, nantinya Anda akan lebih mudah untuk terhubung dengan audiens yang sesuai dengan target pasar. 

Anda juga perlu tahu nih tentang apa saja topi yang sedang hits dan relevan dengan bisnis Anda agar nantinya Anda bisa membuat konten yang sesuai. 

Riset kata kunci akan membantu dalam membuat konten, menambahkan caption, dan juga hastag, yang nantinya hal ini dapat meningkatkan peluang agar bisnis Anda ditemukan oleh target pasar dengan lebih mudah dan cepat.

- Optimalisasi Profil

Salah satu cara optimalisasi profil media sosial adalah dengan menambahkan foto profil yang mengandung nama atau logo dari bisnis Anda. Hal yang sama juga berlaku nih untuk username dan nama akun media sosial Anda. Hal ini untuk membantu calon customer agar lebih mudah mencari bisnis Anda di media sosial.

- Optimalisasi Konten

Ketika berbicara mengenai konten media sosial, ada dua pilihan nih yang tersedia, yaitu original content dan curated content. 

Jenis pertama adalah konten asli buatan Anda atau tim Anda sendiri. Sedangkan curated content adalah jenis konten yang dibuat dengan cara mengumpulkan informasi yang relevan dengan bisnis Anda dari sumber lain, lalu mengorganisasikan dan menampilkannya di laman media sosial Anda.

- Postingan Terjadwal

Pastikan untuk memposting konten-konten menarik Anda di jam-jam yang tepat agar jumlah viewer bisa maksimal. 

Waktu yang tepat ini sebenarnya sangat tergantung pada media sosial apa yang digunakan dan jenis dari target pasar. Namun secara umum, memposting konten saat malam hari akan mendapat lebih banyak viewers karena kebanyakan pengguna media sosial aktif sepulang kerja dan sebelum tidur malam.

4. Buat Situs Profesional

Website Aristek Profesional
Selain memanfaatkan media sosial sebagai promosi gratis, membuat situs web profesional juga menjadi salah satu cara mendapatkan proyek arsitek online. Arsitek termasuk profesi dengan bayaran yang tidak sedikit dan klien tentu mengharapkan keseriusan dari bisnis Anda. 

Nah, salah satu keseriusan yang dapat membantu meyakinkan klien untuk menggunakan jasa Anda adalah dengan memiliki situs web profesional, yang menampilkan visi misi, detail perusahaan (alamat, kontak, dll.), jenis dan deskripsi layanan, mungkin juga testimoni, dan sebagainya.

5. Mulai dari Layanan General

Jika Anda merupakan arsitek pemula, maka keempat cara di atas dapat berhasil menarik banyak audiens ketika dibarengi dengan menawarkan jenis layanan yang bersifat general.  Jadi, Anda bisa menjadi arsitek untuk siapa saja mulai dari mendesain rumah hunian sederhana, ruko, toko, kantor, dan lainnya. 

Menawarkan jasa umum seperti ini akan sangat membantu dalam membuat portofolio dan di saat yang sama juga membantu Anda dalam mengetahui apa sih sebenarnya spesifikasi Anda, apakah lebih mahir dalam merancang rumah, toko, perkantoran, atau lainnya.

Terapkan lima cara mendapatkan proyek arsitek online di atas dengan telaten dan sabar karena segala hal yang indah memang tidak didapat secara instan. Jika ingin hasil yang lebih cepat, maka Anda bisa gunakan juga teknik promosi mulut ke mulut di kalangan relasi, teman, saudara, dan sebagainya.