Desain Bangunan Stress Healing Space Urban Escape, Jakarta Utara

Bagi kamu Mahasiswa Arsitektur yang sedang mengerjakan Tugas Studio Perancangan, tentu membutuhkan referensi agar hasil desain menjadi lebih baik. Pada artikel ini akan kami bagikan contoh Tugas Mahasiswa Arsitektur yang bisa kamu jadikan referensi.

Tugas Mahasiswa Arsitektur yang akan kami bagikan adalah Desain Bangunan Stress Healing Space - Urban Escape, Jakarta Utara.

Stress healing space dirancang untuk mewujudkan ruang yang menjadi tempat untuk pelarian dari berbagai masalah perkotaan. Ruang yang dapat menjadi tempat pengekspresian dan emosi bagi mereka yang mengalami stress. 

Desain mewadahi beberapa aktivitas yang dinilai dapat membantu penyembuhan dari sisi psikologis atau pengobatan non medis masyarakat perkotaan.

Proyek ini terletak di Jl. Pluit Karang Barat, Pluit, Kec. Penjaringan, Jakarta Utara dengan luas tapak 8000 m2 dan
  • Luas bangunan 4564 m2.

Konsep Desain

THE FIRST STEP

Prelude : merasa aman menetap ke lingkungan baru. “Pertama menetap, merasa aman dan tahu yang lain, kemudian mulai membuka dan melanggar pola," 
Dua subtema yang muncul yaitu aliansi dan permisif 

Aliansi : menjalin kontak, berinteraksi sosial, saling berbagi pengalaman dari apa yang telah membawa stres tersebut membuat orang itu dalam kondisi yang sama.

Permisil : saling pengertian terhadap kesulitan stres masing-masing. “Takut berada dalam kelompok, tapi ini pergi dengan cepat karena semuanya pada tingkat yang sama dan individu bisa meninggalkan kelompok tanpa harus menjelaskan dirinya sendiri

THE SECOND STEP

Recovery : pemulihan mental dan fisik yang didukung oleh alam. Interaksi anatara individu dan alam menjadi lebih pribadi dan intim, 

Dua subtema yang muncul adalah restorasi dan kebangkitan & pengolahan.

Restorasi : hadir, menjadi satu dengan alam, kedamaian dan (ketenangan di alam. Ketenangan sosial adalah faktor penting untuk terlibat dengan alam dan mencapai kedamaian batin dan ketenangan, 

Kebangkitan & pengolahan - entrusting alam dan terinspirasi oleh alam.

THE THIRD STEP

Empowerent : proses eksternal yang membangun kepercayaan diri seseorang dan percaya pada kemampuannya 

Terdapat satu subtema yang muncul yaitu berpindah 

Berpindah : bergerak, termasuk menantang diri sendi Perasaan kebebasan dan ketenangan muncul. Hal ini membuat individu ingin mencoba untuk mematahkan batas lain dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Tugas Perancangan Arsitektur

Stress Healing Space - Urban Escape, Jakarta Utara

  • Dibuat Oleh : Tjan Venny Epilia
  • Mentor : Maria Veronica Gandha, S.T., M.
  • Tugas : Studio Perancangan Arsitektur 7
  • Kampus : Program Studi Arsitektur Universitas Tarumanegara
Data Site
Tugas Arsitektur UNTAR
Konsep Desain
Tugas Arsitektur UNTAR
Massing Process
Tugas Arsitektur UNTAR
Blokplan dan Siteplan
Tugas Arsitektur UNTAR
Denah Bangunan
Tugas Arsitektur UNTAR
Tampak dan Potongan
Tugas Arsitektur UNTAR
Exploded Axonometric
Tugas Arsitektur UNTAR
Perspektif Eksterior
Tugas Arsitektur UNTAR
Itulah Tugas Mahasiswa Jurusan Arsitektur dengan judul, "Desain Bangunan Stress Healing - Urban Escape, Space Jakarta Utara", yang dapat kamu jadikan referensi. Semoga bermanfaat.
Sumber : coroflot.com/STUPA7PE